Suara Misterius Muncul dari Samudra Arktik

Ilustrasi Arktik (Foto: Pixabay/tpsdave)


Jakarta, -- Suara misterius yang berdengung muncul di Samudra Arktika dekat wilayah Kanada. Bahkan milter Kanada sampai turun tangan untuk memeriksa sumber suara tersebut.

Selama musim panas ini, pemburu dan pelaut telah mendengar suara berdengung misterius yang berasal dari dasar laut di perairan Arktik di selat Fury dan Hecla. Kedua selat ini terletak di Nunavut, provinsi paling utara Kanada dan paling padat penduduknya.

“Bagian (wilayah) itu ada rute migrasi untuk paus kepala busur. Namun entah mengapa mereka kini tidak ada,” ujar politisi lokal George Qulaut, seperti dikutip dari CBC News.

Ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan asal suara misterius itu. Rumor yang berkembang menyebutkan, organisasi lingkungan hidup Greenpeace yang telah menempatkan sonar untuk menakuti-nakuti kehidupan laut agar tak diburu. Namun, mereka membantahnya.

Di daerah situ juga ada perusahaan pertambangan bernama Banffinland Iron Mines. Mereka diduga memasang sonar untuk melengkapi pekerjaannya. Walaupun mereka membantah mempunyai peralatan di dalam air.

Paul Quassa, anggota legislatif Kanada lainnya mengatakan tidak ada izin teritorial yang dikeluarkan untuk pekerjaan - seperti konstruksi, peledakan atau hidrografi - di daerah tempat kebisingan itu berasal.

Militer juga menyadari kebisingan dan tengah melakukan penyelidikan untuk mengetahui apakah itu termasuk ancaman yang mungkin saja menyerang Kanada.

"Departemen Pertahanan Nasional telah diberitahu tentang suara-suara aneh yang berasal di daerah Fury dan Selat Hecla, dan Angkatan Bersenjata Kanada mengambil langkah yang tepat untuk secara aktif menyelidiki situasi," tulis juru bicara dalam sebuah pernyataan.

Sayangnya, pihak militer pun masih belum mengetahui dari mana asal mula suara tersebut.

“Sampai saat ini kami masih melakukan penyelidikan,” tegas juru bicara milter. (tyo/tyo)

Sumber :CNN Indonesia

0 Response to "Suara Misterius Muncul dari Samudra Arktik"

Posting Komentar